Pages

Wednesday 1 February 2012

In Remembrance | Poppy Day

Kemarin akhirnya aku mencoba kertas rough merk Bockingford. Awalnya cuma bermaksud mewarnai muka anak perempuan bermata sedih ini tapi setelah jadi kepikiran untuk melanjutkannya dengan serius. Ketika mencari ide "mau diapain ni muka?", keinget bros bunga poppy merah yang banyak dipakai orang bulan November-Desember lalu.

Belajar dari wikipedia dan google untuk referensi visual  bunga dan artinya, aku malah jadi lebih memahami anatomi bunga cantik ini (kapan-kapan pengen bikin ilustrasi botaninya), sirklus hidup dan perlambangannya untuk hari mengingat-ngingat orang-orang yang mati berjuang di perang dunia.

Teknik yang aku pakai masih sama dengan sebelumnya, teknik "tiup-tiup" yang menyenangkan. Bedanya, dengan kertas mahal aku jadi lebih deg-degan. Hehehe. Untungnya, kertas jenis rough lambat kering dan bisa diperbaiki (=menghapus cat).

Sambil istirahat nunggu cat kering, ini dokumentasi pengerjaannya:






























2 comments:

perduliar art said... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

wah, cat air yg salah bisa dihapus ya mba? boleh tahu caranya gimana?

Eunike Nugroho said... Best Blogger Tips[Reply to comment]Best Blogger Templates

@Perduliar, sangat tergantung pada jenis kertas dan cat.

Kalau bukan kertas khusus cat air, biasanya malah rusak permukaannya saat coba dihapus. Kertas khusus cat air pun juga beda-beda sifatnya. Kertas cat air mengandung gelatin, zat dari binatang untuk mengatur penyerapan cat dan kekerasan permukaan. Semakin banyak gelatinnya, cat akan lebih mudah diangkat. Nah soal cara, coba aja browsing "lifting watercolor paint". Kapan-kapan akan aku tulis juga tentang teknis itu.

Oya.. tergantung cat juga karena tiap warna/cat punya sifat berbeda. Silahkan browsing 'staining watercolor', akan terlihat ada warna yang sangat 'staining'/ menodai dan yang tidak.

Semoga membantu :)